Mengenal Dunia Belajar Anak

Jika kita ingin gambaran tentang dunia belajar anak, maka sekali sekali tidak ada salahnya jika kita berkunjung ke taman kanak kanak atau playgroup. Silahkan cermati dan pelajari dengan seksama, apa saja yang terdapat pada tempat tersebut.

dunia belajar anak
Sebagai kesimpulan, kita akan mendapatkan keceriaan, tawa, tangis, beraneka ragam ekspresi wajah, dan bahkan teriakan teriakan yang tidak menentu. Itulah dunia belajar anak, semua yang dialami oleh pesertanya (anak anak), baik itu tawa atau hal lainnya merupakan proses pembelajaran. Anak anak belajar mengenal satu sama lain dan bersosialisasi melalui permainan, anak belajar tentang ekspresi wajah yang harus dimunculkan dengan melihat ekspresi orang orang di sekitarnya, dan anak anak pun belajar untuk percaya diri dengan teriakannya saat menyanyikan lagu lagu playgroup.

Jika kita melihat sebuah kejadian yang memaksakan anak anak untuk belajar secara resmi, maka dunia belajar anak seperti itu tidak akan efektif, dan akan membuat anak merasa tertekan dengan beban yang diembannya. Karena masa kanak kanak adalah masa dimana dia belajar sambil bermain. Melalui permainan permainan yang dialaminya, dia belajar banyak hal.

Selain lembaga pembinaan seperti playgroup dan TK, keluarga merupakan salah satu dunia belajar anak yang paling dominan, karena anak anak akan lebih banyak menghabiskan waktunya bersama keluarga. Anak akan belajar tentang cara saling menghargai dari sikap saling menghargai yang ditunjukkan ayah dan ibunya. Anak pun akan belajar tentang kasih sayang dan perhatian dari sikap sayang yang ditunjukkan sang ibu. Begitu pun dari upaya ayah untuk memenuhi kebutuhan dan melindungi keluarga, anak pun belajar tentang tanggung jawab dan kerja keras.

Mari kita ciptakan dunia belajar anak yang efektif dan positif, mulai dari lingkungan keluarga kita sendiri. Demi masa depan generasi penerus kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *