Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak

Peran orangtua yang tepat dalam memupuk kreativitas anak akan menentukan tingkat kreativitas anak. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan unutk mengembangkan kreativitas anak ini menurut Prof. Dr. S. C.Utami Munandar Dipl. Psych. adalah melalui pendekatan 4P yang meliputi aspek Pribadi, Pendorong, Proses dan Produk.

kreativitas anak

Pribadi. Sebagai orangtua atau pendidik,hendaknya menyadari bahwa setiap anak merupakan pribadi yang unik,yang tidak sama antara anak yang satu dengan anak yang lain. Menyamakan anak yang satu dengan anak yang lain berarti mengingkari anak sebagai individu yang tentunya mempunyai keunikan tersendiri. Dari pribadi yang unik ini,diharapkan memiliki ide-ide ataupun produk-produk yang baru. Oleh karena itu,hendaknya orangtua tidak menyamakan atau mengharapkan hasil yang sama pada setiap anak. Di sinilah letak tantangan bagi orangtua untuk menemukan dan mengenali kemampuan ataupun bakat kreativitas yang dimiliki oleh setiap anak serta menghargainya.

Kreativitas merupakan ungkapan dari keunikan individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Kreativitas di sini dikaitkan dengan adanya ciri-ciri kreativitas yang terdapat pada diri individu,yaitu ciri-ciri yang bersifat koginitif atau yang berkaitan dengan kemampuan berpikir dan ciri-ciri yang bersifat efektif atau yang berkaitan dengan sikap dan perasaan. Contoh ciri-ciri individu kreatif yang bersifat kognitif meliputi kelancaran,keunikan, keluwesan, senang melontarkan berbagai gagasan yang beraneka ragam yang lain dari pada yang lain (bahkan sampai cukup mengundang cemoohan dan pandangan sinis karena gagasan dianggap “nyleneh”), trampil menguraikan suatu gagasan yang umum menjadi lebih rinci dan detil,dan sebagainya. Sedangkan mengenai ciri individu kreatif yang bersifat afektif diantaranya seperti adanya keinginan untuk mencoba hal yang baru, tidak takut salah, keras kepala, berani untuk menghadapi resiko, rasa ingin tahu yang besar,bandel,dan lain sebagainya.

Nah,kalau anak Anda memiliki ciri-ciri pribadi yang menonjol seperti ini,maka berbahagialah. Berarti anak Anda memiliki sebuah potensi yang dapat diandalkan untuk menjadi kreatif. Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *